7 Cara Mengatasi Baterai Android yang Cepat Habis

7 Cara Mengatasi Baterai Android yang Cepat Habis

Sudah menjadi keluhan umum bagi pengguna smartphone Android bahwa baterai perangkat mereka cepat habis. Mungkin Anda juga merasakan hal yang sama dan mencari cara untuk mengatasinya.

Berikut adalah 7 cara yang dapat Anda coba untuk memperpanjang durasi baterai ponsel Android Anda.

1. Mengurangi Penggunaan Aplikasi yang Berat pada Baterai Android

1. Aktifkan Modus Hibernasi pada Aplikasi yang Berat. Aplikasi yang berat memerlukan daya baterai yang besar untuk menjalankan berbagai tugas. Dengan mengaktifkan modus hibernasi, aplikasi yang berat akan dimatikan secara otomatis jika tidak aktif dalam waktu lama.

2. Gunakan Layanan Penghemat Baterai. Beberapa perangkat Android memiliki layanan penghemat baterai yang dapat membantu mengurangi konsumsi baterai. Anda dapat mengaktifkan layanan ini dengan mengakses Pengaturan Baterai di menu Pengaturan.

3. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan. Matikan aplikasi yang tidak digunakan agar baterai tidak terkuras dengan cepat. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau CCleaner untuk membantu Anda.

4. Matikan Notifikasi Push. Beberapa aplikasi menggunakan notifikasi push untuk mem-push pesan ke ponsel Anda. Anda dapat menonaktifkan notifikasi push ini agar baterai Anda tidak terkuras dengan cepat.

5. Pembaruan Aplikasi. Pastikan untuk selalu melakukan pembaruan pada aplikasi yang Anda gunakan. Pembaruan tersebut dapat membantu mengurangi konsumsi baterai karena bug dan kesalahan dalam aplikasi tersebut telah diperbaiki.

2. Mengatur Penggunaan Baterai pada Android

1. Aktifkan Penghemat Daya Baterai: Penghemat Daya Baterai dapat membantu mengurangi pemakaian baterai saat Anda menggunakan perangkat Anda. Caranya, buka Pengaturan> Baterai> Penghemat Daya Baterai dan aktifkan fitur ini.

2. Ubah Pengaturan Kecerahan: Memperbaiki pengaturan kecerahan layar dapat membantu menghemat baterai. Caranya, buka Pengaturan> Layar, kemudian atur kecerahan layar pada level yang terendah namun masih cukup terang untuk membaca layar.

3. Nonaktifkan Fitur Tambahan: Nonaktifkan fitur tambahan seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan lokasi ketika tidak digunakan. Hal ini akan membantu menghemat banyak baterai. Caranya, buka Pengaturan> Wi-Fi/Bluetooth/Lokasi dan nonaktifkan fitur-fitur ini ketika tidak digunakan.

4. Nonaktifkan Animasi Kecerahan: Animasi kecerahan dapat mengakibatkan baterai Anda cepat habis. Caranya, buka Pengaturan> Sistem> Animasi dan nonaktifkan Animasi Kecerahan.

5. Aktifkan Mode Pemadaman: Mode Pemadaman dapat membantu menghemat baterai saat Anda tidak menggunakan perangkat Anda. Caranya, buka Pengaturan> Mode Pemadaman dan aktifkan fitur ini.

6. Gunakan Aplikasi Penghemat Daya Baterai: Aplikasi penghemat daya baterai akan secara otomatis mengatur pengaturan baterai Anda dan membuatnya lebih efisien. Cari dan download aplikasi penghemat daya baterai yang sesuai dengan jenis perangkat Anda.

3. Mengatur Brightness pada Android

1. Buka Pengaturan.

2. Pilih “Display” atau “Tampilan” dari daftar opsi.

3. Pilih “Brightness” dan akan muncul opsi untuk mengatur tingkat kecerahan.

4. Anda dapat memilih untuk mengatur kecerahan secara manual atau memilih untuk mengaktifkan Pemantauan Terang Langit.

5. Jika Anda memilih untuk mengatur kecerahan secara manual, Anda dapat menggeser tombol pengatur ke kiri atau ke kanan untuk mengubah tingkat kecerahan.

6. Jika Anda memilih untuk mengaktifkan Pemantauan Terang Langit, tingkat kecerahan akan disesuaikan secara otomatis sesuai dengan kondisi cahaya sekitar.

Baca Juga  Cara Cek Kuota Midnight Telkomsel

7. Jika Anda ingin membatalkan Pemantauan Terang Langit, cukup matikan fitur ini.

8. Setelah Anda selesai mengatur pengaturan kecerahan, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

4. Menonaktifkan Fitur Wi-Fi dan Bluetooth pada Android

1. Buka Pengaturan di ponsel Android Anda.

2. Cari dan klik Wi-Fi.

3. Pilih Opsi Mati untuk mematikan Wi-Fi.

4. Jika Anda ingin menonaktifkan Bluetooth, cari dan klik Bluetooth.

5. Pilih Opsi Mati untuk mematikan Bluetooth.

5. Menggunakan Mode Penghemat Baterai pada Android

1. Buka Pengaturan. Cari dan buka menu “Baterai” atau “Pengaturan Baterai” yang terletak di bawah “Sistem”.

2. Aktifkan Penghemat Baterai. Pilih opsi “Penghemat Baterai” atau “Mode Penghemat Baterai” yang tersedia.

3. Atur Pengaturan. Di layar “Penghemat Baterai”, Anda akan dapat mengatur sejumlah pengaturan, seperti mengaktifkan atau menonaktifkan penghemat baterai, berapa lama baterai Anda akan bertahan sebelum menggunakan mode ini, dan berapa lama baterai Anda akan bertahan setelah mode ini telah aktif.

4. Simpan Pengaturan. Setelah Anda selesai mengatur pengaturan, tekan tombol “Simpan” untuk menyimpan pengaturan.

5. Mulai Gunakan Mode Penghemat Baterai. Mode Penghemat Baterai akan secara otomatis aktif ketika baterai Anda tinggal sekitar 20% atau lebih rendah. Mode ini akan mengurangi konsumsi daya baterai dan membantu baterai Anda bertahan lebih lama.

6. Membersihkan Cache dan File Sisa pada Android

1. Buka Pengaturan.
2. Pilih “Aplikasi”.
3. Pilih Aplikasi yang ingin Anda bersihkan.
4. Pilih “Storage”.
5. Pilih “Clear Cache” untuk membersihkan Cache.
6. Pilih “Clear Data” untuk membersihkan File Sisa.
7. Jika Anda ingin membersihkan semua Cache dan File Sisa, pilih “Clear All Data”.
8. Tekan tombol “OK” untuk menyelesaikan proses.

7. Melakukan Pengisian Daya Baterai yang Benar pada Android

1. Pastikan bahwa baterai telah dilepas dari perangkat Android.

2. Pilih adaptor daya yang sesuai dengan perangkat Anda. Pastikan bahwa adaptor daya yang Anda pilih memiliki tegangan yang sama atau lebih tinggi daripada yang dibutuhkan oleh perangkat Anda.

3. Hubungkan adaptor daya ke stopkontak listrik.

4. Hubungkan kabel USB ke adaptor daya, lalu hubungkan kabel USB ke port USB pada perangkat Android Anda.

5. Pastikan bahwa lampu LED pada adaptor daya menyala dan bahwa diperlihatkan pengisian daya pada perangkat Android Anda.

6. Tunggu hingga baterai terisi penuh. Pastikan untuk melepas kabel USB dari perangkat Android setelah baterai terisi penuh.

Kesimpulan

Kesimpulan dari 7 Cara Mengatasi Baterai Android yang Cepat Habis adalah bahwa pengguna dapat meningkatkan daya tahan baterai Android mereka dengan mengaktifkan pengaturan hemat daya, mematikan layar saat tidak digunakan, menghapus aplikasi yang tidak diperlukan, menghapus aplikasi berjalan di latar belakang, mengatur pengaturan pencahayaan, mengaktifkan mode penghemat daya dan menggunakan charger berkualitas tinggi. Dengan mengikuti saran-saran tersebut, pengguna dapat menikmati pengalaman penggunaan yang lebih lama tanpa harus khawatir akan baterai yang cepat habis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *